Minggu, 03 Februari 2013

Tips yang ingin terjun di bidang Event Organizer

Pengertian Event Organizer
Penyelenggara acara (Inggris:Event organizer) adalah istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Meski bisa dialihbahasakan, namun umumnya istilah aslinya tetap dipergunakan. Atau untuk mudahnya disebut EO Pada dasarnya, tugas dari EO. adalah membantu kliennya (client) untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien, namun penggunaan jasa EO. juga dimungkinkan dengan alasan agar penyelenggaraannya profesional sehingga hasilnya lebih bagus daripada bila dikerjakan sendiri. Menurut buku, “EO, 7 Langkah Jitu Membangun Bisnis Event Organizer” ditulis oleh professional Event Organizer, Yudhi Megananda, EO dalam konteks sebagai sebuah bisnis memiliki definisi sebagai berikut : Usaha dalam bidang jasa yang secara sah ditunjuk oleh clientnya, guna mengorganisasikan seluruh rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan client dengan membuat acara.  wikipedia.org)

Jenis Event Organizer
Dilihat dari jenis acara yang diadakan, E.O. dapat dikategorikan menjadi:
  • One Stop Service Agency: E.O. besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala internasional sekalipun.
  • MICE : Kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). E.O. yang khusus bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
  • Brand Activation ; adalah EO yang secara spesifik membantu client-nya untuk mempromosikan dalam rangka peningkatan penjualan, peningkatan pengenalan merk di kalangan konsumen, dengan berinteraksi langsung ke target marketnya.
  • Musik dan Hiburan: E.O. yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
  • Penyelenggara Pernikahan: E.O. yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
  • Penyelenggara Ulang Tahun: E.O. yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
  • Penyelenggara Pribadi: E.O. khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.  wikipedia.org)
Tips Buat yang Ingin Terjun Di Bidang Event Organizer
  • EO itu Kreatifitas. Untuk menjalankan sebuah event organizer (EO) atau dengan kata lain memanajeri penyelenggaraan sebuah acara. Yang paling dibutuhkan adalah ide-ide kreatif disamping juga memiliki banyak relasi. Sebuah EO harus berani mengajukan ide baru yang benar-benar kreatif dan berbeda. Jika ide-ide tersebut, bisa diterima oleh klien serta sukses, EO tersebut akan dipercaya untuk memegang acara-acara berikutnya. Jangan takut untuk mewujudkan ide gila yang inovatif tapi bisa diterima masyarakat. Sebisa mungkin, hindari penawaran ide yang monoton. Usahakan munculkan ide tema acara yang menarik dan berbeda.
  • Pentingnya mempunyai database. Dalam mengelola sebuah EO, memiliki database itu sangan penting. Yang perlu kita miliki databasenya adalah daftar peserta, sponsor, dan klien. Sehingga bila EO akan menyelenggarakan sebuah acara, dengan mudah menghubungi sponsor, peserta pendukung acara, serta klien. Kumpulkan data sebanyak-banyaknya. Jadi inilah satu Perlunya Web Komunitas dan Event Organizer.
  • Bekerja dalam Tim. Diperlukan kerja sama tim dalam menyelenggarakan sebuah acara, karena sebuah acara tidak dapat dikerjakan sendiri, diperlukan bagian-bagian dalam sebuah TIM untuk mengerjakan beberapa tugas.
  • Ikuti Kursus mengenai EO. Kerap diadakan beberapa kursus singkat tentang bagaimana mengelola EO. Sedangkan di Singapura, ada sekolah khusus dengan pendidikan jurusan semacam ini.
  • Untuk mereka yang baru terjun, utamakan kualitas dan bukan profit. Jika klien sudah membuktikan kualitas dari kerja sebuah EO, maka di kesempatan lain, EO ini pun akan digunakan lagi jasanya. Selain itu, pihak lain yang telah mendengar kelebihan EO ini pun akan bisa berkemungkinan menjadi klien baru. Jangan ragu untuk mencoba EO untuk kegiatan Sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar