1. Dasar Pengelolaan Event Management
Event itu menjual ide yang diwujudkan ke dalam sebuah konsep event.
Konsep yang dapat dinyatakan dan mampu untuk dilaksanakan dan dapat
diterima oleh semua pihak yang terlibat dalam event.
Unik dan spektakuler, Memorable (berkesan)
Ada penawaran istimewa
Ada yang ingin dilihat dan ditunggu
Bermanfaat bagi semua orang
Bermula dari unsur Needs and Want
s. Merupakan Tim Wor
k. Memadukan unsur Edukatif, Entertaiment (Edutaiment).What are events?
Event atau lebih dikenal sebagai special event didefinisikan
sebagai fenomena yang muncul dari kejadian-kejadian yang
sifatnya non rutin, yang di dalamnya ada unsur hiburan, budaya,
personal (khusus) atau tujuan perusahaan yang merupakan bagian dari
aktifitas normal/kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah mencerahkan, merayakan, menghibur atau memberikan
pengalaman sekelompok orang (Shone, Anton & Bryn Parry,
Successful Event Management, 2004).
Definisi Event Management
Merupakan salah satu pemasaran strategis dan alat komunikasi bagi
perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Dari mulai
peluncuran produk sampai konferensi pers. Perusahaan membuat event promosi untuk membantu mereka
berkomunikasi dengan klien dan calon klien. Mereka dapat
mentargetkan audiens melalui media, dengan harapan mendapat
liputan media yang mampu menjangkau ribuan bahkan jutaan orang. Mereka
juga dapat mengundang audiens ke event mereka dan menjangkau
mereka secara langsung.
Alasan Perusahaan menggunakan Event Organizer
1. Lebih hemat waktu
2. Lebih hemat Tenaga (Sumber Daya Manusia)
3. Anggaran dapat disesuaikan dengan budget.
Event Manager adalah orang yang merencanakan dan mengeksekusi suatu event. Manajer event dan tim nya seringkali berada di balik layar selama event berlangsung. Manajer event dapat juga terlibat tidak hanya dalam hal
perencanaan dan eksekusi dari suatu event, tapi juga dalam
membangun brand, merancang strategi marketing dan komunikasi.
Manajer event adalah orang yang ahli dalam hal kreatif, teknis dan
elemen logistik untuk membuat suatu menjadi event sukses. Termasuk di dalamnya mendisain event, produksi
audiovisual, scriptwriting, logistik, pembiayaan, negosiasi dan
tentu saja, pelayanan pelanggan. Ini merupakan profesi
multidimensi.Membuat judul event Mulai dari yang Anda ingat dan
sukai?Mengundang tanyaada apa di event tersebut?Mengundang animo orang
untuk hadir?
2. MODAL
MODAL UTAMA : Berani memulai dan relasi (Tempat, suplier, kontraktor, Media partner, organisasi pendukung).
Modal Lainnya :
1. Uang (Modal usaha atau Pinjaman)
2. SDM (Team work yang solid)
3. Klien (sponsor)
Kunci sukses sebagai Event organizer: Motivasi, Database, Network, Permodalan dana segar yang cukup sampai BEP dan mampu pre-financing, SDM yang dinamis, mobile, hardworker, Teamwork spirit, Creativity, imagination & Concept, Individual skill yang tepat guna,Tidak Gaptek, Personality yang baik, Inisiatif tinggi, Jeli, cermat dan peka terhadap perkembangan, Pemahaman karakter dan culture. Dimulai 24 jam sebelum jam acara dimulai (H-Hour minus 24 Hours). Ketahanan fisik dan stamina sangat diandalkan
Manajemen operasional memegang peranan penting. Teamwork sangat berpengaruh.
Diperlukan Person-in Charge/project coordinator yang memiliki dedikasi kepemimpinan (Leadership)
Sebaiknya bekerja dengan daftar periksa (check list)
Usahakan semua berlangsung tepat waktu (on-time)
Langkah-langkahdalam menyusun Event
1. Tetapkan tema Event
2. Amati pasar (studi Kelayakan)
3. Kumpulkan data base yang cukup
4. Tentukan SDM yang akan menjadi Tim dalam Event tersebut
5. Tetapkan lokasi dan waktu penyelenggaraan event
6. Penentuan kontraktor
7. Menentukan organisasi, media massa dan lembaga pendukung
8. Menentukan acara dan pendukung acara
9. Menentukan strategi pemasaran dan promosi
10. Menyusun dan menganalisa anggaran.5 W + 1 H dalam panduan pembuatan Event
Why (alasan event dibuat)
Who (Siapa saja yang akan dilibatkan dalam event)
When (kapan event tersebut dilaksanakan)
Where (lokasi event tersebut) What (apa yang disuguhkan event Itu)
How (Bagaimana mempromosikan dan melaksanakan event tersebut
3. Lokasi
Pilihlah lokasi yang sesuai dengan kebutuhan acara, ketersediaan anggaran dan infrastruktur yang ada.
Bandingkan beberapa lokasi sebelum menentukan pilihan (hotel,
public hall, function hall di business area/office building,
convention center, dsb.)
Buatlah daftar periksa (check list) sesuai dengan kebutuhan acara dan periksalah pada saat kunjungan.
Konfirmasikan segera apabila pilihan sudah final dan penuhi semua
syarat administrasi secepatnya.Pemilihan lokasi Event
1. Strategis (mudah dijangkau), akses dan ketersediaan alat tranportasi lokal
2. Terjaga kebersihan dan kenyamanan
3. Terjamin keamanan
4. Tersedianya lahan parkir yang memadai
5. Tersedia fasilitas lainnya seperti toilet, kantin, ATM, mesin
otorisasi kartu kredit, public telpon, press room.Tema dan waktu
Ikut trend atau menciptakan trend baru
Tema akan berpengaruh dalam memilih peserta dan menetapkan target pengunjung
Pemilihan tema akan berpengaruh terhadap sponsor/donatur yang akan berpartisipasi dalam sebah event.
Timing harus tepat sesuai dengan tema
Waktu persiapan cukupData Base
1. Dari katalog
2. Dari iklan di berbagai media massa
3. Dari Event atau pameran sebelumnya
4. Dari searching di Internet
5. Dari brosur-brosur
6. Dari buku kuning/Yellow pages
7. Dari literatur lainnya
8. Dan sumber lainnya.
Apakah lokasi menyediakan jasa boga
Hotel biasanya mempunyai bagian banquet yang mengurus hal ini;
sementara lokasi lainnya kadang kala menyediakan daftar rekanan
catering.
Prasmanan atau served (dibantu pelayan)
Bagaimana pilihan menunya? Banyak variasinya?
Hati-hati apabila kebutuhan untuk memilih vegetarian menu.
Tanyakan pilihan makanan untuk peserta dari daerah tertentu
termasuk pantangannya. Perhatikan pula pengolahan makanan dengan
mayoritas umur dari peserta.
Apakah lokasi menyediakan jasa boga
Hotel biasanya mempunyai bagian banquet yang mengurus hal ini;
sementara lokasi lainnya kadang kala menyediakan daftar rekanan
catering.
Prasmanan atau served (dibantu pelayan)
Bagaimana pilihan menunya? Banyak variasinya?
Hati-hati apabila kebutuhan untuk memilih vegetarian menu.
Tanyakan pilihan makanan untuk peserta dari daerah tertentu termasuk
pantangannya. Perhatikan pula pengolahan makanan dengan
mayoritas umur dari peserta.
4. Acara
Susunlah dengan seksama dan terperinci – lengkapi dengan technical Run Down termasuk durasi tiap mata acara
Perhatikan waktu ibadah, jam-jam berkendaraan lalu lintas (3-in-1 atau peak hours) dan sebagainya
Pilihan pemandu acara (MC) maupun pengisi acara (performer, pembicara) yang tepat sesuai kebutuhan acara dan segmen.
Siapkan agenda alternatif (Plan “B” ) Menggolkan proposal
Konsep unik merupakan plus point
Target jelas
Promosi gencar dan merata sesuai dengan segmen yang dituju
Lokasi mudah diakses
Timing yang tepat
Fasilitas lengkap: Sarana parkir, kebersihan, Cara pembayaran (ATM), kartu kredit, dsb.
Benefit jelas untuk para sponsorKeberhasilan meraih sponsor
1. Berkaitan dengan tema event
2. Amati calon sponsor dari promosi yang pernah mereka lakukan kurang lebih 3 bulan belakangan
3. Tanyakan langsung kemungkinan mereka berpartisipasi sebelum Anda
mengajukan proposal (Tersediakan budget untuk event dalam
program promosi mereka)
Keberhasilan meraih sponsor
1. Berkaitan dengan tema event
2. Amati calon sponsor dari promosi yang pernah mereka lakukan kurang lebih 3 bulan belakangan
3. Tanyakan langsung kemungkinan mereka berpartisipasi sebelum Anda
mengajukan proposal (Tersediakan budget untuk event dalam
program promosi mereka)Pemanfaatan teknologi informasi
Database – modal utama kegiatan untuk perolehan peserta, pengunjung, sponsor dsb.
Direct e-mail sebagai pengganti directmail konvensional
Faxshoot- mekanisme otomatisasi untuk mengurangi human error, energi dan waktu
Mailist – penyebar luasan infromasi secara massal tetapi langsung
dengan mekanisme eMail Registration process yang kemudian menjadi
masukan tambahan database.
SMS Blast/BomberScheduling/penjadwalan
Berapa lama (bulan) persiapan sebuah event?
Tahapan Kerja sebuah event (pre conditioning, pre event, event, post event)
Target dan hasil akhir yang mau diraih Atas permintaan
persiapan event bisa dihentikan bila dalam perjalanan banyak terdapat
kendala.
Buatlah rangkaian perkerjaan itu mudah dan sederhana untuk dimengerti.Stake Holders
Media massa
Organisasi Profesi
Perusahaan swasta
Instansi pemerintahan yang terkait
Organisasi kemasyarakatan yang ada
Organisasi hobi
Kalangan akademis
5. Advertising agencies
Hotel, travel, catering dan sebagainyaDekorasi dan perlengkapan
Apakah dekorasi diperlukan?
Apa tema dekorasi yang akan dipergunakan
Dikerjakan sendiri, diserahkan ke EO atau ke Dekorator
Membuatnya atau menyewa yang sudah ada?
Dekorasi apa yang tersedia di lokasi
Apa perlu koordinasi dengan tata lampu, tata suara, penata pentas, pemandu acara dll.
Post Event
Lakukan evaluasi dan audit selengkapnya (tidak hanya financial
audit), termasuk audit kelancaran acara, audit penyelenggaraan
dan sebagainya.
Simak apa saja hasil yang diperoleh (financial profit,
portfolio/references, database, network, pengakuan/endorsement,
dsb)
Rapikan dokumentasi (foto, video, dokumen) dengan cermat
Siapkan laporan tertulis yang terperinci dan sistematis
Manfaatkan semua berkas untuk event serupa di masa mendatang.Press & media
Special deal with media relation/PR Firm
Press/News Release, Press Kit
Press Conference/gathering
Press Center
Special admission Pas for PressPrinted Materials
Invitation
Ticket
Site plan
Directory
Daily news letter
Phamphlets/poster/flyer/leaflet/folder,etcPaS (promotion at Show)
Outdoor – Billboard, Petunjuk arah, Umbul-umbul, balon, dll.
Indoor – Vertical Banner, News clipping board, souvenir dsb.
Electronic – TV News, talk show, web site, advertisement
Printed – iklan, advertorial, berita dsb.Evaluation
Financial, participants, program complaints, compliments, bussiness transaction, coment, request
Prime target – Zero Compalint
Second target – Profit at least Break Event Point. MOTTO EVENT ORGANIZER: ZERO COMPLAINTS IS THE TARGET !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar